Bikin Kopling M/T Biar Awet


RUBRIK OTOMOTIF ) Mobil dengan transmisi manual memang masih banyak beredar di jalanan ibukota. Hal ini karena banyak orang sudah merasa lebih nyaman dengan mobil bertransmisi manual ketimbang automatic. Faktor lainnya yang memungkinkan adalah perawatan yang lebih pada transmisi automatic. Namun, bukannya transmisi manual diacuhkan begitu saja. Rudi S, Service Head Suzuki Pusaka Motor Pasar Minggu ingin memberikan beberapa tips agar kampas kopling manual bisa awet.
kopling mobil
Ia menjelaskan ada beberapa yang harus diperhatikan dalam merawat dan menggunakan mobil bertransmisi manual. “Hal-hal yang merusak dan harus dihindari adalah seperti saat macet dengan teknik menahan pedal kopling setengah. kopling mobilBegitu juga pada saat jalanan menanjak, banyak yang menggunakan teknik ini untuk menahan agar mobil tidak mundur, padahal seharusnya yang digunakan adalah rem tangan. Lalu pemakaian kasar dan untuk balapan juga menyebabkan kopling cepat rusak.” ujarnya.

“Lepas pedal kopling terlalu rendah juga bisa membuat kampas koling menjadi aus. Oleh karena itu jika memang sudah melepas pedal kopling, sebaiknya kaki tidak berada di pedal kopling, jadi pedal kopling benar-benar dilepas. Nah, jika hal tersebut dilakukan, kampas kopling pasti awet. Karena kopling seharusnya bisa bertahan hingga 80.000 KM  atau sekitar 3 tahun.” tambahnya.
kopling mobil
Selain service rutin, ia menyarankan agar pengemudi juga harus memperhatikan jarak main pedal kopling. “Kalau sudah tidak enak harus disetel ulang. Atau jika memang harus diganti, ya diganti. Daripada jebol dijalan lebih repot kan?” ujarnya menyarankan.
kopling mobil
Sumber : Rudi S, Suzuki Pusaka Motor - Jalan Raya Pasar Minggu No.35 Jakarta Selatan 12760, 021 7919 2386
Info Detailnya  :  http://goo.gl/e9G3B 

0 komentar:

Posting Komentar