Alat Penghemat BBM Karya Mahasiswa UNAS

( Auto News BosMobil.com ) -  Setelah dunia otomotif Indonesia dihebohkan dengan hadirnyaMobil Nasional (Mobnas) Esemka, kini giliran kaum akademisi yang unjuk gigi. Para mahasiswadari Universitas Nasional (UNAS) Jakarta baru saja meluncurkan Eco Power Booster, sebuahalat yang mampu menghemat bahan bakar minyak (BBM) hingga 50 persen.

Eco Power Booster UNAS

Penghematan yang bisa mencapai 50 persen ini rupanya menjadi daya tarik tersendiri karena Eco Power Booster buatan mahasiswa Unas ini mampu mengembangkan air sebagai energi untuk kemudian mengubahnya menjadi senyawa-senyawa penyusunnya yaitu hidrogen (H) dan oksigen (O). Elektrolisis air menjadi prinsip dasar untuk mengubah air menjadi senyawa-senyawa penyusunnya. Gas H2 hasil elektrolisis tersebut digunakan sebagai energi bahan bakar yang memiliki tingkat pembakaran lebih tinggi, dibandingkan dengan energi lainnya.
Eco Power Booster UNAS
Dalam temuan ini memang tidak sepenuhnya bahan bakar yang digunakan berasal dari air. Namun, penggunaan air dalam Eco Power Booster, membantu mengurangi penggunaan BBM. Bahkan Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo telah berani menggunakan alat racikan Anak Bangsa tersebut pada kendaraannya. "Sudah dipasang di mobil saya. Nanti kalau ternyata alat ini memuaskan, kan banyak juga yang menggunakan," ujar Widjajono ketika ditemui BosMobil di Jakarta.
Ia menuturkan ada banyak cara ,mengatasi kebaikan harga minyak. Diantaranya dengan menaikkan harga BBM, penggunaan energi alternaitif seperti gas atau menggunakan transportasi umum. "Namun bisa juga diatasi dengan meningkatkan kompetensi kita seperti dengan penemuan alat ini," ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar