Trend Eco-Mobility di IIMS 2012

( Auto News BosMobil.com ) - Gelaran IIMS ke 20 yang akan diadakan pada 20-30 September mendatang rupanya tetap konsisten untuk tetap mengusung tema teknologi ramah lingkungan. Ajang yang merupakan pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan menyajikan suatu tema Eco-Mobility yang dianggap mampu untuk mempromosikan mobilitas dan aksesibilitas yang rama lingkugan serta berdampak pada penggunaan efesiensi bahan bakar. 


“Masyarakat perlu solusi tepat untuk bertransportasi dengan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan, sekaligus dapat menambah daya dukung pada lingkungan sekitar,” ungkap Sudirman MR, selaku Ketua Umum Gaikindo.“Tema Eco-Mobility mewakili gaya hidup masyarakat perkotaan yang baru, mendukung cara cerdas bertransportasi, dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Semangat yang diangkat adalah semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah lingkungan serta konservasi energi,” tambahnya lagi.

Dalam hal konservasi energi, penghematan penggunaan bahan bakar merupakan salah satu skenarionya. Upaya lainnya adalah kegiatan yang mendorong penggunaan kendaraan berbahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan. Kendaraan berteknologi ramah lingkungan, salah satunya teknologi hybrid, sebenarnya mampu merebut ceruk pasar dalam negeri. Secara global, penjualan kendaraan hybrid juga mengalami tren meningkat, sebut dua pabrikan besar dari Honda dan Toyota. Meskipun menyumbang angka yang masih relatif kecil pada pasar hybrid internasional, perlahan tapi pasti sentimen pasar Indonesia terhadap kendaraan berteknologi ramah lingkungan seperti hybrid, akan terus meningkat.

Pada dasarnya semangat Eco-Mobility tak bisa hanya didorong oleh industri otomotif, semangat ini juga harus mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik para pemangku kepentingan lintas sektor, masyarakat, media maupun dunia pendidikan. Universitas Indonesia baru-baru ini menyatakan dukungannya untuk menyiapkan kajian komprehensif beserta para ahli transportasi ramah lingkungan untuk kota Depok.

Berdasarkan launching IIMS 2012 yang diselenggarakan untuk kalangan Agen Pemegang Merek (APM) mobil anggota GAIKiNDO bulan Desember 2011 lalu, tercatat 33 merek kendaraan penumpang dan 8 merek kendaraan niaga yang menyatakan akan berpartisipasi pada IIMS 2012. Seluruh APM tersebut juga menyatakan tekadnya untuk mendukung semangat Eco-Mobility yang akan diusung IIMS 2012.

Di Indonesia sendiri hampir seluruh Agen Pemegang Merek (APM) memiliki produk yang mengusung konsep kendaraan ramah lingkungan (“Eco-cars”) yang menawarkan teknologi efisiensi pemakaian bahan bakar untuk mendukung program penghematan bahan bakar. APM di Indonesia juga telah berkomitmen dalam mendukung pengembangan produk berteknologi ramah lingkungan ini. Langkah kongkrit yang positif tersebut menjadi bukti nyata peran serta industri otomotif dalam menjaga kelestarian lingkungan Indonesia, dan IIMS 2012 merupakan salah satu wahana dalam mendukung program “Eco” tersebut melalui semangat dan tekad untuk menuju “EcoMobility”.

0 komentar:

Posting Komentar