Nissan Serena Autech HWS - Kabin Berpotensi SQ


( Rubrik Otomotif BosMobil.com ) - Nissan Serena Autech Highway Star memiliki in-car entertainment yang siap menemani perjalanan dengan dilengkapinya sebuah head unit layar sentuh 2-din yang bisa memutar piringan DVD dan CD. Sedangkan untuk penumpang belakang juga dimanjakan sepasang layar pada head rest yang terkoneksi dengan head unit. Tetapi bagaimana kemampuannya?
Nissan Serena Autech Highway Star

Beberapa waktu lalu, tim BosMobil.com sempat meminta tolong kepada Pujianto Suryana selaku suhu audio dari Music Art untuk menguji kemampuan in-car entertainment yang dimiliki oleh Serena Autech HWS. “Head unit sudah oke nih, kualitas layarnya sudah bagus. Dan yang utama, pengoperasiannya tidak ‘lemot’ ya hehe,” buka Puji.
Nissan Serena Autech Highway Star
Berikutnya adalah pengetesan hasil suara pada sistem audio Serena Autech HWS, kali ini mendengarkan CD dari band luar negeri yaitu TOTO yang beraliran rock. “Menurut saya kualitas suaranya biasa saja, wajar karena speaker-nya masih standar,” ucap Puji.
Nissan Serena Autech Highway Star
Pengetesan tersebut dalam kondisi equalizer (EQ) flat alias tidak diubah-ubah. Setelah menunggu mengutak-atik seputaran EQ, maka Puji menemukan setting-an terbaiknya, yaitu bass -1, mid +1 dan treble +1. “Dengan setting-an tersebut, suara jauh lebih bagus dibanding EQ flat yang bersuara hampa,” ucap Puji.
Nissan Serena Autech Highway Star
Dengan hasil suara yang biasa saja, ternyata Puji tidak memupuskan kepada pengguna Serena. “Hanya ganti speaker depan saja berjenis 2-way sudah pasti cukup. Jika mau lebih, bisa ditambahkan subwoofer berikut power amplifier tanpa mengganti head unit standar. Ini adalah paket hemat,” ucap Puji yang juga menyatakan bahwa subwoofer bisa diletakkan tepat di depan konsol tengah depan agar kabin belakang tetap utuh.
Nissan Serena Autech Highway Star
Puji juga memberitahukan bahwa ruang kabin Serena berpotensi untuk menginginkan sistem Sound Quality (SQ). “Dimensinya seperti panjang, lebar dan tinggi sangat cocok untuk main SQ. Juga jarak dashboard ke kaca dan jarak speaker kanan dengan pengemudi yang jauh bisa membuat stage suara yang bagus,” ucapnya. “Kabin juga memiliki kesenyapan yang lumayan, hanya cukup tambahkan peredam di firewall pasti hasilnya akan jauh lebih baik. Bagian pintu depan juga diuntungkan dengan terpisahnya trim bagian atas dan bawah sehingga jika speaker mid bass dibuat mounting, tidak mengorbankan bahan standarnya.” tutupnya.

Sumber : Pujianto Suryana, Music Art - Mega Glodok Kemayoran Lt.8 HB 18-19, ph : 0856 - 1234 - 188

0 komentar:

Posting Komentar