Gianpiero Moretti - Perintis Brand Momo Tutup Usia


( Auto Nes BosMobil.com ) - Anda ingat dengan setir kemudi racing keluaran Momo? Para pecinta dunia balap roda empat pasti kenal dengan produk aftermarket yang satu ini. Namun ingatkah atau tahukah Anda siapa penciptanya?
Ya, dialah Gianpiero Moretti yang rupanya bukan saja pendiri perusahaan komponen balap roda empat Momo, namun juga seorang pembalap mobil yang sangat legendaris.

Yang paling menyedihkan, pria kelahiran Milan, Italia pada 20 Maret 1940 itu dikabarkan tutup usia di usianya yang ke-71, setelah sebelumnya dirundung sakit yang cukup lama.
Sejak umur 20 tahun, Moretti sudah mulai memproduksi setir kemudi khusus balap Momo. Merk 'Momo' itu sendiri diambil dari dua huruf pertama nama belakangnya dan digabung dua huruf pertama sebuah kota di Italia, yaitu Monza.
Awal kesuksesan bisnisnya itu dimulai sejak tahun 1964, dimana produknya dipilih oleh pembalap F1 ternama, John Surtees, untuk ditancapkan ke Ferrari 158 F1-nya, yang kemudian menghantarkan Surtees meraih titel Juara Dunia F1 di tahun itu. Setelah itu, di tahun 1966 Moretti secara resmi membuka pabrik pembuatan setir kemudinya itu di sebuah kota bernama Verona dan sempat beroperasi selama 30 tahun sebelum akhirnya dijual ke sebuah perusahaan pemasok komponen racing yang lebih besar.
Semenjak itulah bisnis yang dirintis olehnya itu semakin berkembang pesat dan mulai merambah ke pembuatan produk balap lain yang tentunya berkualitas internasional, mulai baju balap hingga tuas perseneling.
Selamat jalan Gianpiero Moretti...!

Tags Under: AUTO NEWSGIANPIEROMORETTIMOMORACINGSTEERMONZA,

0 komentar:

Posting Komentar