Nyaman & Aman Saat Mudik


( Rubrik Otomotif BosMobil.com ) - Menjelang akhir menjalankan ibadah puasa Ramadhan,  biasanya ada tradisi menarik yang rutin dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Yups…. apalagi kalau bukan tradisi mudik yang dilakukan untuk merayakan hari kemenangan atau Idul Fitri ke kampung halamannya masing-masing bersama sanak saudara di sana.
Bagi mereka yang memiliki kampung halaman akan selalu melakukan tradisi ini  dari tahun ke tahun, sebagian ada yang rela berdesak-desakan ngantri tiket mudik menggunakan bus umum, kereta api, pesawat, maupun kapal laut. Sebagain lainnya yang memiliki kendaraan pengangkut layaknya mobil juga memilih menggunakannya.
Menempuh perjalanan mudik dengan membawa mobil atau kendaraan sendiri memang cukup melelahkan, oleh karena itu Anda harus benar-benar memiliki stamina yang fit. Tetapi bukan hanya Anda saja looh, kendaraan Anda sendiri juga harus diperhatikan kondisinya, mulai dari hal kecil yang terlihat mata sampai yang memang harus menggunakan alat untuk memeriksanya.
Untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan selama Anda berkendara menuju kampung halaman, ada baiknya Anda membaca sedikit tips dari bosmobil ;
1. Siapkan kondisi tubuh
Menempuh perjalanan jauh membutuhkan konsentrasi dan ketahanan, kondisi tubuh menjadi hal yang sangat vital. Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga dalam keadaan fit. Bila perlu, lakukan pemeriksaan  kesehatan terlebih dulu sebelum berangkat. Jangan lupa siapkan obat-obat yang sifatnya umum seperti obat sakit kepala, flu, pilek, dan perut kembung.

2. Siapkan Kondisi Kendaraan
Ada baiknya untuk menjamin kebugaran kendaraan, Anda membawanya kebengkel sekaligus melakukan tune up ringan atau service. Jangan segan-segan meminta mekanik untuk sekaligus memeriksa kendaraan Anda karena persiapan matang sebelum berangkat adalah kunci utama agar terhindar dari insiden yang tidak perlu. Cek kondisi kendaraan yang sifatnya vital, seperti oli mesin, tekanan ban, minyak rem, air radiator, wiper fluid, dan lampu, tune-up komplit, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll. Jangan lupa juga mengecek oli transmisi bila Anda menggunakan kendaraan transmisi otomatis. Siapkan perlengkapan seperti surat-surat, segitiga pengaman, dongkrak, tali derek, kotak P3K, tool kit, ban cadangan, kunci roda palang, senter, oli cadangan, dll. Hal ini wajib dilakukan looh…

 

Hal yang satu ini kadang kala terluput dari kesiapan Anda terhadap kendaraan Anda, padahal hal ini tidak kalah penting dengan pengecekan atau service rutin, malah cukup dianggap cukup vital bila Anda yang mau melakukan perjalan jauh tetapi tidak memperisapkan spooring dan balancing kaki-kaki kendaraan Anda. Pada sebuah kendaraan yang telah lama dipakai, keselarasan dan keseimbangan roda harus diperbaiki karena keausan komponen kaki-kaki mobil yang bisa menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut kelurusan roda. Agar kesetabilan mobil tetap terjaga maka wajib hukumnya untuk melakukan spooring dan balancing secara berkala. Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan. Balancing juga untuk menghindari adanya getaran kecil saat mobil dijalankan.

4Aman dan nyaman di jalan
Saat berkendara menempuh jalan jauh, Anda bisa saja merasa bosan. Tetap selalu gunakan sabuk keselamatan. Patuhi peraturan lalu lintas dan selalu memperhatikan indikator pada panel instrumen kendaraan. Bila Anda mengantuk, menepilah. Bagi Anda yang membawa anak kecil, jangan lupa membawa mainan kesukaan anak, sehingga konsentrasi Anda tidak terganggu oleh rengekan kebosanan anak.
Jangan lupa pilih waktu keberangkatan Anda, ada baiknya anda berkendara di malam hari, karena selain terhindar dari terik matahari, berkendara malam juga dapat memberikan kesatabilan pada kondisi mesin yang panas dengan suasannya yang jauh lebih dingin ketimbang di siang hari.

 

5. Hindari penumpukan

Apabila Anda hendak membawa beragam barang bawaan yang Anda sajikan untuk saudara di kampung halaman, bawalah secukupnya. Hindari membawa barang secara berlebihan, karena dapat menggangu kenyamanan Anda dan juga penumpang lainnya.
Demikian tips yang dapat di share untuk Anda, walaupun sedikit tetapi tetap bermanfaat. Jadikan moment mudik Anda spesial dengan tetap memperhatikan kondisi kendaraan Anda, karena biar bagaimana pun kendaraan Anda lah yang berjasa membawa Anda berkumpul dengan sanak saudar di kampung halaman. Selamat mudik …

 

 

Sumber : http://bit.ly/AjVGJO


0 komentar:

Posting Komentar