Review Mobil: Nissan Juke The Stylish Mini Crossover


( Car Review BosMobil.com ) - Nissan semakin menguatkan barisan-nya di dunia otomotif dengan andalan terbarunya, Nissan Juke. Mobil yang termasuk dalam kategori crossover atau mini SUV ini benar-benar berbeda dan bisa dikatakan akan menciptakan segmen/kelas baru dalam dunia otomotif. Untuk saat ini, Nissan Juke belum memiliki kompetitor langsung. Intinya, Nissan Juke mengambil celah diantara mobil hatchback dan SUV.

Anda penasaran? Lihat saja ulasannya di bawah ini…

STYLE

Aneh… ini mungkin hal terbesit pertama saat kita melihat wajah mobil keluaran terbaru dari Nissan yang rencana akan mulai dipasarkan PT. NMI di Indonesia pada April mendatang. Namun jika diperhatikan lebih seksama, justru mobil ini memiliki cita rasa tersendiri. Bagaimana tidak, perpaduan antara si “raja drift Jepang” Nissan 370Z, bahkan si “mini jip lucu” Kia Soul, ada pada mobil ini. Lihat saja desain lampu belakang-nya ataupun garis atap yang lurus/tegas. Pujian layak dialamatkan bagi desainer Nissan karena akibat desain revolusioner ini, Nissan Juke bisa dikatakan tidak memiliki kompetitior langsung.
Dari sisi depan, Nissan Juke tampil sangat trendi dengan lampu utama yang terpisah dengan lampu “kecil” dan sein. Penempatan lampu “kecil” dan sein yang seakan berada di kap mesin dan membentuk seperti “petir”, membuat wajah Nissan Juke tidak mudah untuk dilupakan. Sedangkan posisi lampu utama sedikit ke bawah menyatu dengan bemper depan dan diletakkan di bawah gril yang membentang lebar. Untuk tipe tertingginya, tersedia fog lamp yang disematkan di bemper bawah.
Anda akan terpangah ketika melihat sisi samping dari Nissan Juke. Fender super besar dan menonjol layaknya sebuah sport SUV walau dengan jarak sumbu roda yang hanya 2.53 meter. Uniknya lagi, panjang buritan mobil ini hanya 4.13 meter, bahkan lebih pendek dari sebuah hatchback Nissan Latio sekalipun..Can u imagine that? Namun beruntunglah karena Nissan Juke menggunakan velg berukuran 17” sehingga sedap dipandang mata. Satu hal lagi, anda tidak akan menjumpai handle pintu belakang pada posisi konvensional karena desainer Nissan meletakkannya pada pilar C, sehingga kasat mata Anda akan beranggapan bahwa ini adalah sebuah hatchback 3 pintu!
Beralih ke bagian belakang, anda akan merasakan aroma khas kendaraan CUV (Compact Utility Vehicle) atau familiar disebut crossover. Sebut saja lekukan bokong yang membulat, lampu belakang yang seakan menggores body, dan spoiler atas khas mobil hatchback.

COMFORT & FEATURES

Bulat…bulat…dan bulat… itulah kesan pertama saat anda memasuki kabin dari Nissan Juke. Mulai dari desain pola pada dashboard, speedo dan tachometer, kisi-kisi AC, handle pintu, hingga konsol tengah. Akan tetapi untuk kali ini Nissan benar-benar memperhatikan interior dengan finishing dan detail yang sangat rapih. Posisi duduk pengemudi dengan aura sport yang tercermin dari desain stir palang tiga. Tombol-tombol untuk mengoperasikan cruise control, audio, dan telpon (via Bluetooth) turut menghiasi stir Nissan Juke.
Penggunaan bahan material plastik berkualitas pada doortrim maupun dashboard turut membuat Nissan Juke tampil menawan. Ditambah pula dengan ornamen krom dan metal doff yang dipadukan dengan nuansa kabin yang hitam, semakin menambah auro sport mobil ini.   
Kabin lapang dan atap yang cukup tinggi, membuat Nissan Juke tetap nyaman untuk mengangkut 4 orang dewasa dalam perjalanan jauh. Apalagi dengan kapasitas bagasi yang luas, rasaya jika hanya sekedar membawa barang belanjaan berikut beberapa tas saja secara bersamaan, bagasi Nissan Juke masih mampu menampungnya. Cukup mengejutkan jika anda melihat buntut belakang Nissan Juke dari luar, ternyata memiliki bagasi seluas itu.

PERFORMANCE

Mesin 4 silinder direct-injection 1600cc dengan turbocharged mampu menorehkan tenaga 188 hp. Artinya Nissan Juke cukup asik untuk diajak berlari, terlebih sokongan transmisi pintar CVT khas Nissan. Transmisi ini sama persis dengan yang diadopsi pada Nissan Maxima, sedan sportcar kebanggaan Nissan. Kehebatan transmisi CVT ini adalah jika anda memainkan modus manual (+/-), maka sentak Anda akan merasakan torsi yang sebenarnya dari Nissan Juke ini, terlebih jika dioperasikan saat hendak melibas areal pegunungan.
Selain hebat di performa mesin dan transmisi, Nissan Juke juga cukup irit bahan bakar. Terbukti 1:11 untuk dalam kota, dan 1:13 untuk di tol (klaim pabrikan).

PRICE

Tampilan modern, kabin lapang, transmisi pintar...semuanya ini ada dalam diri Nissan Juke yang bisa anda tebus mulai dari 180jt-an untuk tipe terendah, yang dilengkapi dengan fitur: koneksi iPod, 6 speaker dan Bluetooth. Dengan rentang harga yang ditawarkan bisa jadi Nissan Juke akan menjadi pilihan tepat bagi anak kuliahan.  Dan tidak tertutup kemungkinan Nissan Juke akan menjadi trend-setter mobil SUV mungil atau dikenal pula dengan istilah crossover.

0 komentar:

Posting Komentar