Harga Mobil Esemka Ternyata Mahal?


( Auto News BosMobil.com )  - Harapan masyarakat yang mendambakan mobil produksi dalam negeri dengan harga miring agaknya harus dikubur  dalam-dalam. Pasalnya, mobil Esemka yang digadang-gadang merupakan hasil karya putera puteri Indonesia tetap memiliki harga yang cukup tinggi.

Banderol tinggi mobil Esemka ini bisa dilihat dari mobil yang dipakai Walikota Solo Joko Widodo. “Harganya memang belum bisa dipastikan. Namun untuk perkiraan saja, mobil dengan mesin 2200cc seperti itu mencapai Rp. 180 juta,” papar Direktur PT. Solo Manufaktur Kreasi Sulistyo Rabono ketika ditemui BosMobil di Jakarta.
Sulistyo menyebutkan, PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai pihak perakit mobil Esemka memang membuat kendaraan dari berbagai model.  “Ada memang Esemka dengan harga Rp.95 juta hingga Rp.120 juta, namun, jenisnya lain. Untuk Esemka yang digunakan Walikota Solo Jokowi itu merupakan mobil yang sebenarnya menggunakan mesin 2200 cc, namun saat ini masih menggunakan mesin 1500 cc. Mesin 2200cc-nya masih dalam tahap pengembangan,” kata dia.
Tapi ia mengelak jika dicap harga mobil Esemka dinilai terlalu tinggi “Kelasnya beda. Mobil Esemka yang digunakan oleh pak Jokowi itu sudah sekelas Nissan X-Trail. Dengan kualitas seperti itu, Rp. 180 juta itu masih terbilang cukup terjangkau,” bebernya.
Dirinya juga menegaskan bahwa mesin yang digunakan oleh Esemka merupakan buatan sendiri, dan bukan impor dari China “Ada yang mengatakan bahwa mesin yang digunakan oleh Esemka adalah mesin dari ATPM. Namun sekali lagi kami tegaskan bahwa itu salah. Kami membuat mesin itu sendiri. Memang ada beberapa komponen yang masih impor, namun itu jumlahnya sangat sedikit. Kedepannya kami akan berusaha agar bisa menjadikan mobil ini 100% konten lokal,” tukasnya.

6 komentar:

  1. kok bisa mahal gan...

    emang harga mobil nya brapa gan?

    BalasHapus
  2. mantap...
    tetap berkarya muda mudi Indonesia...

    BalasHapus
  3. Gak jdi deh beli mobil lokal yg sya kira murah dan terjangkau,ternyata gk ada beda nya sama mobil jepun

    BalasHapus
  4. Rajawali 180 jt
    kelasnya yang sama itu kelas CR-V harganya 320 jt.
    nah loh.... masih mikir SMK mahal?

    BalasHapus
  5. Lanjut mobnas kapan yah mulai produksi masa????

    BalasHapus