Review Mobil : Toyota New Rush 1.5L S/AT - Bring A New Pleasure of Driving


( Car Review BosMobil.com ) - Revisi yang dilakukan PT. Toyota Astra Motor (TAM) pada varian SUV Toyota Rush memang mendatangkan beberapa pembaruan yang cukup mengesankan di banding dengan pendahulunya. Dari segi tampilannya, jelas  jauh lebih jantan, bahkan sampai dengan sisi kenyamanan berkendara yang jauh lebih baik. Hal tersebut wajar sekali di lakukan oleh pihak pabrikan, mengingat tak hanya sekadar mengeluarkan versi faceliftnya saja, namun juga lebih menyempurnakan dari versi terdahulunya.

Varian tertinggi dari Toyota New Rush di pegang oleh tipe S nya yang datang dengan dipersenjatai sistem transmisi otomatis dan manual.  Sepintas memang tak tampak adanya perbedaan pada wujud Toyota New Rush dari versi sebelumnya, namun bila diamati lebih detail sebenarnya terdapat beberapa ubahan yang bisa dikatakan cukup signifikan.
Salah satu contoh yang lumayan terasa ada pada sisi suspensi dan dapur pacunya, dan yang jauh lebih baik lagi pembaruan yang diboyong oleh Toyota New Rush ini hanya menaikan harganya sekitar Rp 2,5-3,5 juta dari generasi sebelumnya,  tentunya hal tersebut tergantung tipe yang ada.

Look Closser …

Dari segi bentuk memang tak banyak yang berubah berhubung varian ini merupakan versi faceliftnya. Namun buka berarti tidak ada suasana segarnya, karena justru disisi eksterior inilah beberapa ornament pembaruan yang disandang SUV New Rush ini lumayan berlimpah dan tentu membuatnya makin terlihat fresh.
Mulai dari desain bumper pada bagian depan yang dikolaborasikan dengan sebuah lingkaran fog lamp bergaris kilau krom kemudian ditambah dengan desain baru pada rear bumper spoiler makin memberikan efek sporty bercampur dengan sisi elegan yang dinamis. Sedangkan dibagain bonnet, pembaruan terlihat jauh lebih segar dengan adanya desain gril ala sarang lebah yang cukup menonjol.
Yang tak kalah menarik ialah, bagian lampu belakang yang memiliki kombinasi baru dan juga headlamp projector yang tentunya tak hanya memberikan penerangan jauh lebih terang ketika berkendara di malam hari namun juga sinar lebih fokus. Sedangkan fitur baru menyangkut keamanan yang tertanam di eksterior yakni parking sensor (varian G & S) dan cornering sensor (khusus varian S). Toyota juga menawarkan kenyamanan lebih dengan adanya corner sensor, electric power steering, dan ESP yang merupakan sistem steering baru dan membuat kemudi juga pengendalian terasa makin ringan namun tetap responsive, hal ini pun telah terbukti ketika tim BosMobil melakukan sesi The Journey.
Bagian kaki-kaki kian mantab dengan sistem suspensi yang telah di upgrade dan mampu meredam kejut dan gejolak di jalan dengan lebih baik lagi tanpa memberikan efek limbung. Bagian per ulir di sok depan New Rush ternyata juga telah diganti dengan model perulir baru yang diklaim jauh lebih empuk dan rigit. Tambahan lainya adalah desain model peleknya yang jauh lebih trendy hingga membuatnya lebih sporty.
Inside The New Rush
Masuk kebagian interior, perubahan yang cukup mencolok sangat terlihat dari adanya penempatan  sejumlah instrument tombol pengontrol sistem audio yang ada di bagian kemudi sehingga memberikan efek ergonomis. Sedangkan instalasi audio juga diperbaharui dengan adanya head unit 2 DIN yang menempel di tengah dashboard dan terhubung langsung dengan ventilasi AC di bawahnya. Pada bagian perseneling nampak adanya fitur shift-lock pada transmisi otomatis 4 percepatan yang disandang oleh Toyota New Rush 1.5L S AT. Masih ada lagi beberapa panel baru yang menempel di sisi ruang pengemudi dan memberikan efek kemudahan tersendiri bagi pengemudi.
Layaknya mobil SUV lainnya, New Rush juga memiliki kelapangan yang cukup lega. Ruang pada bagian tengah bisa dikatakan cukup lega bagi penumpangnya.Bila yang ingin membawa banyak muatan, tinggal meliput dua bangku di bagian tengah maka dimensi ruangan pun terlihat sangat lapang. Sisi visibilitas pun terbilang cukup nyaman tanpa menganggu jarak pandang pengendara maupun penumpangnya demikian juga dengan kekedapan ruangannya. Tak lupa fitur aksesories yang cukup berguna seperti sun visior yang dilengkapi dengan kaca dan juga lampu penerangan juga cup holder di konsul tengah.

Under the Hood

Masuk ke sektor mesinya, Toyota New Rush memang tak mengalami banyak rubahan pada bagian enginenya. Namun menyandang sebagai tipe tertinggi di keluarganya, Toyota New Rush 1.5L S A/T dibekali dengan sokongan mesin 3SZ-VE, IL4, 16V, DOHC, VVT-i yang memiliki kapasitas 1.495 cc. Dan cukup terpercaya menerjal beragam medan jalan dengan komsumsi bensin yang terbilang cukup aman untuk seukuran SUV bertransmisi 4 percepatan otomatis ini.

Price

Toyotan New Rush hadir dalam empat tipe berbeda, yaitu S A/T, S M/T, G A/T, dan G M/T. sebagai opsionalnya, Toyota New Rush juga didatang dengan beberapa pilihan warna baru yang cukup fresh seperti  Champagne Metalic, White, dan Dark Grey yang juga berfungsi sebagai pelengkap dari varian warna sebelumnya, Black Mica dan Silver Mica Metalic.
Mengenai harganya memang tak jauh dari varian Rush sebelumnya, perbandinganya hanya sekitar Rp 2,5 jutaan. Lebih tepatnya Toyota New Rush 1.5L S A/T ini dibandrol seharga Rp 218,550,000 OTR Jakarta. Sedangkan untuk varian lainya, Anda bisa langsung cek di situs resmi Toyota, www.toyota.co.id.
Tags Under: CAR REVIEWTOYOTARUSH

1 komentar: